Kesehatan

Hindari Garam & Kafein Berlebih Ketika Sahur Demi Jaga Stok Cairan Tubuh Saat Puasa

Memilih makanan saat sahur sangat berpengaruh terhadap kekuatan tubuh untuk berpuasa selama kurang lebih 14 jam. Ada dua makanan yang disarankan tidak dikonsumsi saat sahur yakni makanan yang tinggi garam dan yang mengandung cafein. Nutrition Specialist Youvit, Rachel Olson menjelaskan garam dan kafein memiliki sifat diuretik yang meningkatian produksi urine maupun keringat sehingga cairan tubuh akan berkurang dan tekanan darah akan turun.

Garam berlebih bisa dilihat dari angka kandungan natrium yang biasa terdapat pada bagian kemasan garam. Natrium tinggi juga terdapat pada makanan kemasan bahkan jus kemasan. "Makanan mengandung garam bukan banyaknya garam yang ditaruh pada makanan saja tapi ada di makanan kemasan seperti jus di kotak, makanan kalemg, kerupuk, kerupuk," kata Rachel saat Webinar Sehat Jaman Now, Rabu (6/5/2020). Kemudian cafein yang terdapat pada kopi, teh, cokelat, soda juga harus dikonsumsi dengan takaran yang tepat saat sahur.

Khusus bagi orang orang yang gak bisa lepas dari kopi saat sahur coba konsumsi hanya segelas kelas saja dan warna hitamnya jangan terlalu pekat. "Ya kalau bisa kopi bisa disaur dihindari, kalau harus minum kopi lebih baik kopi sedikit saja, porsinya cukup jangan berlebih," ucap Rachel.

Comment here