Healthy

Apa itu Kecanduan Obat?

Kecanduan obat adalah situasi dimana pasien mengalami ketergantuan terhadap suatu obat. Biasanya terjadi apabila obat tersebut dikonsumsi terus menerus dengan dosis yang tidak sesuai. Selain menyebabkan kecanduan penggunaan berlebihan menimbulkan kesehatan terganggu.

Peningkatan Jumlah Pemakai Narkoba di Indonesia

Salah satu obat yang menimbulkan kecanduan adalah narkoba. Dikutip dari Radar Jogja, peningkatan jumlah pemakai narkoba di Indonesia memunculkan kekhawatiran, terutama bagi generasi muda. Untuk mengatasinya, kegiatan rehabilitasi diperlukan sebagai sistem pendukung.

Sebagai bentuk kepedulian, telah hadir juga Ashefa Griya Pusaka yang merupakan pusat rehabilitasi narkoba berbasis swasta. Rehabilitasi ini sudah terdepan dan terpercaya dalam memberikan pelayanan. Baik dari segi rehabilitasi medis maupun rehabilitasi social.

Rehabilitasi yang diberikan juga mengutamakan mutu dalam pemulihan. Memiliki program unggulan 3P yaitu Pulih, Pengembangan Diri dan Produktif. Program ini dinilai sangat efektif karena pasien yang ada memerlukan pelayanan yang berbeda sesuai dengan kondisinya.

Layanan Rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka

Dikutip berdasarkan Radar Jogja, Ashefa Griya Pusaka juga memiliki layanan yang unggul dalam membantu rehabilitasi.

  1. Detoxifikasi, Observasi dan Stabilisasi

Layanan rehabilitasi yang disediakan oleh Ashefa Griya Pusaka ini mulai dari tahap pertama program rehabilitasi hingga program terakhir. Tahap pertama yang berupa detoxifikasi yang dilakukan sudah berada dibawah pengawasan dokter.

Proses ini bertujuan untuk mengurangi gejala putus zat yang terjadi pada pecandu narkoba. Jadi dijamin aman karena sudah diawasa langsung oleh ahlinya.

  1. Program Rawat Inap dan Jalan

Di Ashefa Griya Pusaka juga menawarkan program rehabilitasi rawat inap maupun rawat jalan. Untuk program rawat inap bisa dilakukan setidaknya 3 bulan. Proses yang dijalani terfokus pada adiksi pasien hingga menggali potensi setiap pasien yang dilakukan secara bertahap.

Untuk rehabilitasi rawat jalan memiliki 2 opsi pilihan, yaitu rawat jalan intensif dan rawat jalan regular. Opsi ini direkomendasikan untuk pasien dengan hasil pengkajian tertentu. Untuk menunjang program rawat jalan ini, terdapat juga beberapa fasilitas mewah yang bisa kamu pilih.

Jadi itu dia pengertian dari apa itu kecanduan obat. Masalah ini sudah menjadi kekhawatiran serta ancaman sendiri bagi generasi muda. Untuk itu, penanganan dengan rehabilitasi cukup penting bagi pasien pencandu obat-obatan.

 

 

Comment here